1/12/2015

Selamat siang...
Hari ini senin 12 jan 15, yaps...hari ini cukup bersejarah buat saya, karena hari ini adalah UAS (ujian akhir semester) di studi S1 saya..semoga saja, amiiiiiin

"Tidak terasa sudah masuk semester akhir", begitu kata-kata yang sering saya dengar dari teman-teman seperjuangan belakangan ini. Sebenarnya itu juga yang saya rasakan. "time fly to fast" ketika kita menikmati setiap detiknya sampai kita terlupa. Nah, hari ini mari kita bahas sudut pandang lain "kuliah"! Apa si tujuan kamu kuliah? Apa saja sih yang sudah kamu dapat ketika kamu kuliah?

Buat saya kuliah adalah salah satu mimpi yang jadi kenyataan. Bagaimana tidak, untuk bisa mencicipi bangku kuliah saya harus bekerja dan menabung selama 3 tahun di kalimantan. Mungkin bagi beberapa orang kuliah itu hanya "formalitas", tapi untuk orang seperti saya kuliah itu suatu kesenangan. Menikmati buah dari kerja keras selama 3 tahun, manis men! Pertama kali saya menginjakan kaki dengan status "mahasiswa", di salah satu kampus ternama di Indonesia, perasaannya.....ya misal saja kayak kamu bisa meraih cita-cita yang dengan susah payah kamu perjuangin, gituuu iya gitu!

Dari apa yang sudah saya ceritakan diatas, kebayang kan bagaimana "excited"nya saya???? Hal pertama yang ingin saya nikmati adalah jadi "anak kosan". Kenapa? coba kamu bayangin, bisa belajar mandiri, bisa melakukan hal sebelumnya tidak bisa kamu lakukan dirumah semacam nginep se'enaknya sendiri dikosan temen, bisa ngrasain kangen sama orang tua, bisa ngrasain susahnya hidup sendiri. Pembelajaran men!
Hal lain yang ingin saya dapet pas kuliah adalah gelar "Mapala" atau mahasiswa pecinta alam. Keren gak sih kamu pas denger kata "Mapala"? Anak-anak petualang, pemberani dengan solidaritas maha tinggi. Kamu bisa rasain bagaimana serunya berpetualang dengan teman-teman yang super solid disini. Dan Alhamdulillah saya sekarang adalah "Mapala" :). Bukan berarti kamu semua harus jadi mapala, tapi carilah ilmu tambahan yang bisa kamu dapat selama kamu berstatus mahasiswa. Selanjutnya adalah sibuk rapat. Keren gak sih kalo saat ditanyain teman, terus kamu jawabnya "sorry, lagi rapat". Disini kamu juga bisa belajar kira-kira bagaimana dunia kerja nanti karena rapat pasti bertujuan untuk menyelesaikan suatu project. Next adalah KKN (kuliah kerja nyata), ini adalah hal yang sudah saya alami beberapa bulan lalu. Dimana kamu mengabdi selama sebulan (tergantung kampusnya) di suatu desa untuk menjalankan "pengabdian masyarakat". Disitu kamu bisa langsung terjun bermasyarakat, hidup bareng teman sekelompok yang unik-unik, bisa ikut ngajar di sekolah-sekolah tempat kamu KKN. Yang paling seru dan gak bisa dilupain adalah kamu dipanggil "Mas/Mbak KKN". Next adalah cari pacar. Gak lengkap kuliah kamu kalau belum pernah pacaran pas kuliah. Coba bayangin beberapa tahun kemudian pas kamu lulus, kemudian ada reuni lalu disitu bisa ketemu mantan. Malah yang lebih baik lagi kalo pacar kamu pas kuliah jadi pendamping hidup kamu?amiiin... Soalnya dosen saya pernah ngomong gini, "Cari pacar terbaik adalah waktu kuliah, karena disitu pertimbangannya adalah cinta. Saat kamu sudah kerja, kamu punya orientasi lain antara lain pekerjaan"..(Pak Suryono, Dosen Pemasaran FEB Undip). Hal terakhir dan yang paling penting adalah cari teman sebanyak-banyaknya. Karena kalo punya banyak teman itu permasalahan semasa kuliah kamu jadi lancar. Misal pas ada tugas, kan gampang cari contekan. Atau pas kamu gak ngerti suatu materi dari mata kuliah tertentu, kamu tinggal minta temenmu yang bisa buat ngajarin.

Kira-kira segitu saja dulu, mau futsalan sama teman-teman kuliah soalnya. Nah kan uda kebukti tuh. Intinya jadikan kuliah kamu menyenangkan tanpa melupakan tujuan utama dari kuliah itu sendiri, sebelum bekerja dan berpisah dengan teman-teman dekat semasa kuliah. Ciao....bye

teman kuliah penulis

ليست هناك تعليقات: